Futon ~Japanese Matras~

0 komentar

Futon merupakan matras tradisional yang biasa dipakai oleh masyarakat Jepang untuk tidur. Walaupun sudah banyak masyarakat Jepang yang memakai kasur, beberapa orang lebih senang menggunakan futon. Bagi mereka yang tinggal di rumah terutama di Apato, akan lebih memilih menggunakan futon karena ketersediaan ruang yang besar.

Futon ini mempunyai ketebalan kira-kira 5 cm (2 inchi). Biasanya futon dijual seperangkat yang terdiri dari Shikibuton (alas futon), Kakebuton (matras), Makura (bantal). Set seperti ini biasanya dijual seharga kira-kira 10.000 yen. Shikibuton merupakan lapisan tipis yang didalamnya diisi dengan kapas atau sintentis yang dibungkus dengan kain (semacam selimut untuk musim dingin). Kakebuton biasanya diisi dengan bulu angsa, ringan, nyaman namun juga merupakan bagian yang termahal dari futon. Penggunaan kakebuton sendiri disesuaikan dengan musimnya. Pada musim dingin, digunakan kakebuton yang tebal sedangkan pada musim panas digunakan kakebuton yang tipis. Makura adalah bantal yang berisi biji-bijian atau manik-manik dari plastik. Bagi yang tidak terbiasa dengan bantal ini, dapat diganti dengan bantal biasa yang berisi kapas atau bulu angsa.

Futon ini didesain untuk digelar di atas lantai tatami. Biasanya karena Apato tidak memiliki ruang yang luas maka pada siang hari futon disimpan dalam oshiire (lemari), dan ruangan pun beralih fungsi menjadi ruang kerja atau ruang tamu. Selain itu hal ini dilakukan agar tatami dapat “bernafas”. Oshiire ini terdiri dari dua pintu yang dapat didorong. Sebagai catatan, menginjak atau berjalan di atas tatami dianggap tabu untuk masyarakat Jepang. Untuk pemeliharaannya biasanya dua minggu sekali atau satu bulan sekali dijemur, sedangkan pada musim hujan karena kelembaban di Jepang cukup tinggi, diantara kakebuton dan shikibuton biasanya diselipkan futon kansouki yang berfungsi sebagai pemanas sehingga futon tidak basah karena lembab. Masyarakat Jepang biasanya ketika menjemur futon juga menebah dengan penebah yang biasanya terbuat dari bambu. Menurut ahli kesehatan tidur diatas futon ini lebih sehat daripada tidur diatas kasur yang empuk, karena kerasnya lantai sangat baik untuk punggu kita terutama bagi mereka yang memiliki sakit punggung dan pinggang.
VN:F [1.6.2_892]

SUMBER : http://www.hikaruyuuki.com/
If you like this post, please share it!
Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit

No Response to "Futon ~Japanese Matras~"